MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 10, No 2 (2025): Edisi April

IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI

Maheswari, Sasikirana Zahra (Unknown)
Suparni, Suparni (Unknown)
Mabruroh, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Lesson Study adalah kolaborasi berkelanjutan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran matematika melalui penerapan lesson study dalam program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP). Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan melibatkan 5 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025, guru pamong, dan teman sejawat selama dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru pamong dan teman PLP. Pada siklus pertama, model Student Team Achievement Division (STAD) diterapkan dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), namun keterlibatan peserta didik masih rendah. Refleksi siklus pertama menghasilkan perbaikan pada siklus kedua, yakni penerapan model discovery learning menggunakan LKPD individu dan aplikasi quizizz. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari antusiasme, partisipasi aktif, dan pemahaman peserta didik yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata mereka dibandingkan siklus pertama. Media interaktif seperti quizizz juga meningkatkan motivasi belajar sekaligus memanfaatkan perangkat secara positif. Secara keseluruhan, refleksi dan evaluasi berkelanjutan menjadi kunci perbaikan kualitas pembelajaran. Pendidik perlu terus mengembangkan metode dan media yang relevan agar tercipta suasana belajar yang efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...