Komoditas halal merupakan salah satu komoditas yang paling banyak diminati oleh mayoritas Muslim di Indonesia. Fashion Muslim menjadi salah satu komoditas yang paling diminati oleh Muslim Indonesia. Kehadiran E-Commerce seperti Shopee dan lainnya memudahkan Muslim Indonesia untuk mendapatkan fashion Muslim kontemporer. Hal ini membuat banyak E-Commerce berlomba-lomba meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan berkualitas dan pemasaran yang sesuai dengan etika Muslim Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee di Kota Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah SPS. Untuk mewakili seluruh populasi penelitian, dipilih 100 responden yang dijadikan sampel penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah Etika Pemasaran Islam berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini sejalan dengan teori TQM yang menekankan fokus pada kepuasan pelanggan melalui optimalisasi daya saing melalui kualitas produk dan layanan yang berdampak pada kinerja bisnis. Kualitas layanan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan fashion Muslim. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara simultan dari variabel Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis online untuk lebih meningkatkan etika dan kualitas layanan guna meningkatkan bisnis.
Copyrights © 2025