Penelitian ini bertujuan mengatasi kesulitan siswa dalam membuat kampuh pada mata pelajaran Dasar-Dasar Busana, yang menyebabkan lebih dari 50% siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Maka diperlukan strategi baru dalam penggunaan media atau metode pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Makadigunakan video tutorial sebagai media pembelajaran alternatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen, yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana 1 dan X Busana 2 SMKN 3 Pekanbaru tahun pelajaran 2024/2025, berjumlah 72 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 84,21 dibandingkan kelas kontrol 79,98. Perbedaan hasil belajar didapatkan dari hasil analisis data menunjukkan nilai thitung 2,965 > ttabel 1,994 atau sig. (2-tailed) 0,004 < 0.05. Sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan video tutorial dengan siswa yang diajar secara konvensional
Copyrights © 2025