Penerapan model project based learning pada pelatihan asisten pembuat pakaian di BPVP Padang mampu meningkatkan minat belajar para peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi minat belajar dan hasil belajar peserta pelatihan pada Program Asisten Pembuat Pakaian di BPVP Padang sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran project based learning.Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas. Siklus tahapan PTK berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Kota Padang di kelas pelatihan program asisten pembuat pakaian. Data hasil observasi minat belajar peserta didik dianalisis dengan statistik deskriptif.Hasil penelitian minat belajar siklus I rata-rata 34 terdapat 10 peserta kategori sedang, dan 6 peserta kategori rendah. Pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar 43.5 terdapat 7 peserta kategori sedang, 5 peserta kategori tinggi, dan 4 peserta kategori sangat tinggi. Pada siklus III dengan rata-rata kelas sebesar 43.5 terdapat 5 peserta kategori sedang, 6 peserta kategori tinggi, dan 5 peserta kategori sangat tinggi. Pada hasil belajar siklus I sebagian besar memiliki nilai yang tidak tuntas. Kemudian hasil belajar siklus II meningkat dari siklus I. Hasil belajar pada siklus III meningkat pesat dari siklus II.
Copyrights © 2025