Dharma Bhakti
Vol. 3 No. 1 (2025): Dharma Bhakti

PENINGKATAN GENERASI MILENIAL MELALUI SOSIALISASI, PELATIHAN, DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN UMKM PERAK DAN DESTINASI WISATA DI DESA CELUK, SUKAWATI GIANYAR

Agus Juniarta, I Putu (Unknown)
Komang Gede, I (Unknown)
Andika Pramudita, Komang (Unknown)
Widi Astuti, Abel (Unknown)
Krisna Saputra, I Made (Unknown)
Hemadani, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Desa Celuk, Sukawati, Gianyar, dikenal sebagai pusat kerajinan perak dan destinasi wisata budaya. Namun, globalisasi dan digitalisasi menghadirkan tantangan dalam mempertahankan daya saing UMKM perak dan pariwisata. Generasi milenial, dengan literasi digitalnya, memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan berkelanjutan desa. Penelitian ini mengeksplorasi pemberdayaan generasi milenial melalui sosialisasi, pelatihan, dan pemasaran online. Sosialisasi meningkatkan kesadaran akan pelestarian budaya, pelatihan memperkuat keterampilan produksi dan manajemen bisnis, sementara pemasaran online memperluas jangkauan produk kerajinan dan promosi wisata.Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan keterlibatan milenial, memperluas pasar UMKM, dan menarik wisatawan. Strategi ini mendukung keberlanjutan ekonomi, pelestarian budaya, dan memperkuat Desa Celuk sebagai pusat seni perak dan wisata budaya. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan swasta direkomendasikan untuk keberlanjutan program ini.Kata Kunci : Generasi milenial, UMKM, perak, sosialisasi, pelatihan, pemasaran online, Pembangunan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dharmabhakti

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Bhakti memiliki fokus dan ruang lingkup yang terfokus pada wadah penelitian terkhusus dalam penelitian pengabdian kepada masyarakat dalam pemuatan artikel-artikelnya. Dharma Bhakti khusus menerbitkan artikel yang merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para ...