Kesiapan diri siswa sangat penting untuk meraih keberhasilan dalam kegiatan belajar. Keberhasilan siswa melakukan kesiapan sebelum mengikuti pelajaran dapat menentukan kesuksesan siswa dalam belajar, sehingga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran tergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan siswa kelas V di SDN 3 Sawahan Sampit tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sawahan Sampit. Data diperoleh dari angket dan dokumentasi nilai rata-rata hasil belajar pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi product moment pearson sebesar 0,700 dan nilai thitung sebesar 4,489. Kemudian variabel kesiapan belajar memiliki nilai thitung 4,489 > nilai ttabel 2,080 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan siswa kelas V di SDN 3 Sawahan Sampit tahun pelajaran 2023/2024. Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan sebesar 49% Bagi perubahan variabel hasil belajar baca siswa sedangkan 51% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain, tinggi atau rendahnya hasil belajar siswa cenderung berhubungan kuat dengan tinggi atau rendahnya kesiapan belajar siswa yang bersangkutan.
Copyrights © 2024