Program "Indonesia Spice Up The World" adalah inisiatif gastrodiplomasi pemerintah Indonesia untuk mempromosikan kekayaan kuliner dan rempah- rempah lokal di Amerika Serikat pada 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan dan wawancara untuk memahami strategi, hambatan, dan upaya program ini. Melibatkan lintas kementerian dan lembaga, program ini mengaktifkan empat pilar utama: produksi bumbu pangan olahan, pembukaan restoran Indonesia, promosi kuliner, dan pengembangan destinasi kuliner. Hambatan utama yang dihadapi termasuk minimnya akses pembiayaan, kualitas sumber daya manusia dalam penyusunan laporan keuangan dan bisnis, serta sulitnya akses terhadap bumbu rempah Indonesia. Untuk mengatasi hambatan ini, pemerintah meluncurkan Program IndoStar 2023 yang memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha kuliner untuk mendapatkan akses pembiayaan lebih baik, serta memperkuat hubungan diplomatik dan promosi internasional melalui kerja sama dengan KBRI, KJRI, dan lembaga terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini telah meningkatkan promosi kuliner Indonesia di Amerika Serikat meskipun menghadapi beberapa hambatan, dengan upaya pemerintah melalui IndoStar 2023 menunjukkan hasil positif dalam membantu pelaku usaha kuliner. Kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha kuliner, dan masyarakat lokal maupun internasional memperkuat implementasi program ini. Melalui pendekatan konstruktivisme yang mengedepankan kolaborasi dan pembelajaran bersama, program ini diharapkan dapat memperluas pasar ekspor rempah-rempah Indonesia dan memperkenalkan kuliner Indonesia ke pangsa global dengan lebih efektif.Kata Kunci : Gastrodiplomasi, Indonesia Spice Up The World, Promosi Restoran, Ekspor Rempah-Rempah, Amerika Serikat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023