Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi mengenal bentuk dan ciri-ciri bangun datar melalui penerapan strategi pembelajaran yang lebih interaktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 3 Barongan berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, sebanyak 8 siswa (64,3%) mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (71,4%), sehingga telah memenuhi indikator keberhasilan ≥65%. Selain itu, terjadi peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan kinerja guru pada materi mengenal bentuk dan ciri-ciri bangun datar.
Copyrights © 2025