Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 1 (2025)

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Membentuk Brand Image “Metric” Premium Cabinetry System

Santoso, Yedi (Unknown)
Hamad, Ibnu (Unknown)
Damayanti, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Komunikasi pemasaran terpadu memiliki peran krusial dalam membentuk citra merek suatu perusahaan. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh PT. Panel Asri Perkasa melalui merek METRIC Premium Cabinetry System dalam upayanya membentuk citra merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab terhadap strategi komunikasi, menganalisis penerapan kerangka kerja SOSTAC, mengidentifikasi implementasi elemen komunikasi pemasaran terpadu (IMC), serta menganalisis posisi merek dan citra merek yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktur Pemasaran memiliki tanggung jawab utama dalam merumuskan strategi komunikasi. Merek METRIC telah menerapkan secara tepat enam tahapan dalam kerangka kerja SOSTAC, serta mengimplementasikan elemen IMC melalui periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan penyelenggaraan event pemasaran. Strategi ini berhasil membentuk positioning merek premium dan citra merek yang kuat, meskipun masih berada pada tingkat brand recall dan belum mencapai tingkat top of mind dalam preferensi konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi aims to encourage research in communication ...