Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan belajar yang disadari berperan terhadap proses pembelajaran, salahsatunya Pendidikan Agama Islam. lingkungan belajar yang tergolong menjadi lingkungan sosial dan nonsosial masih belum mendorong peningkatan prestasi belajar PAI. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis menggunakan statistik regresi linear sederhana dan berganda. Populasinya adalah siswa kelas X, X1 dan XII SMK IT Shodiqussalam, variabel dalam penelitian ini meliputi lingkungan sosia, lingkungan nonsosial dan prestasi belajar PAI. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar PAI sebesar 3,299 dan pengaruh lingkungan nonsosial terhadap prestasi belajar PAI sebesar 2,652 sedangkan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 40,9%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) semakin tinggi lingkungan sosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar; (2) semakin tinggi lingkungan nonsosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar; dan (3) semakin tinggi lingkungan sosial dan nonsosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020