Pelayanan kesehatan yang cepat dan efisien merupakan harapan utama pasien. Salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit adalah waktu tunggu, yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih adanya keluhan terkait lamanya waktu tunggu rawat jalan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari waktu tunggu sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.  Adanya hubungan yang signifikan antara waktu tunggu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien (nilai p < 0,05), di mana semakin lama waktu tunggu yang dialami pasien maka tingkat kepuasan cenderung menurun. Ketidakpuasan pasien disebabkan oleh antrean yang belum optimal, keterbatasan jumlah tenaga medis, dan prosedur administrasi yang rumitWaktu tunggu pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, manajemen rumah sakit perlu melakukan perbaikan sistem antrean, efisiensi proses administrasi, dan penyesuaian jumlah tenaga medis guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025