Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI ANALYTICAL EXPOSITION TEXT

Saptiani, Lariska (Unknown)
Saragih, Enni (Unknown)
Shabir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Kemampuan literasi bahasa Inggris merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi teks bahasa Inggris dalam berbagai konteks. Kemampuan literasi bahasa Inggris yang baik sangat penting bagi siswa dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, karier, dan kehidupan sehari-hari. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, kemampuan literasi bahasa Inggris siswa kelas X Pioneer SMAS Plus PGRI Cibinong masih belum optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas tersebut masih kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis. Teknik Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu teknik pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Joyce (2000) menyatakan teknik ini menggabungkan unsur permainan, kompetisi, dan kerja sama tim untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai materi pembelajaran bahasa Inggris, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dalam penerapannya, guru dapat membagi siswa menjadi beberapa tim, kemudian memberikan tugas atau tantangan yang terkait dengan materi pembelajaran. Tugas atau tantangan tersebut dapat berupa permainan, kompetisi, atau kerja sama tim. Secara umum, respon siswa terhadap penggunaan teknik Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris siswa adalah positif. Siswa merasa bahwa teknik TGT adalah teknik pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Selain itu mereka merasa lebih termotivasi dalam belajar bersama kelompok dan menjawab soal saat turnamen. Mereka berharap dalam pembelajaran selanjutnya guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif lagi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...