Kemampuan literasi bahasa Inggris merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi teks bahasa Inggris dalam berbagai konteks. Kemampuan literasi bahasa Inggris yang baik sangat penting bagi siswa dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, karier, dan kehidupan sehari-hari. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, kemampuan literasi bahasa Inggris siswa kelas X Pioneer SMAS Plus PGRI Cibinong masih belum optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas tersebut masih kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis. Teknik Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu teknik pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Joyce (2000) menyatakan teknik ini menggabungkan unsur permainan, kompetisi, dan kerja sama tim untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai materi pembelajaran bahasa Inggris, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dalam penerapannya, guru dapat membagi siswa menjadi beberapa tim, kemudian memberikan tugas atau tantangan yang terkait dengan materi pembelajaran. Tugas atau tantangan tersebut dapat berupa permainan, kompetisi, atau kerja sama tim. Secara umum, respon siswa terhadap penggunaan teknik Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasa Inggris siswa adalah positif. Siswa merasa bahwa teknik TGT adalah teknik pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Selain itu mereka merasa lebih termotivasi dalam belajar bersama kelompok dan menjawab soal saat turnamen. Mereka berharap dalam pembelajaran selanjutnya guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif lagi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024