Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2

KOMBINASI METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Suharman, Adi (Unknown)
Nuraeni (Unknown)
Saragih, Enni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Dalam mengemban tugas, pengajar menjadi kunci utama dalam proses pembelajaran, karenanya dituntut selalu melakukan inovasi pembelajaran mencakup penemuan dan pemanfaatan media, pengelolaan kelas, dan mengatur strategi pembelajaran dengan baik. Terdapat permasalahan yang menghambat terwujudnya pembelajaran yang kreatif dan inovatif, terutama Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada SMAS Taruna Terpadu di kelas XI. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang inovatif dan dapat memicu gairah peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Adapun metode (menurut penulis) yang mengakomodir hal itu adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL) karena di dalamnya terdapat sintaks pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulus keterampilan berpikir peserta didik. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi pembelajaran bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan model Cooperative Learning pada awal pembelajaran sangat efektif dan berdampak positif terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Peserta didik sangat tertarik, antusias dan bersemangat mengikuti semua proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...