Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai aksiologis dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi pendidikan karakter dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral dan spiritual. Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran inti di MTs memiliki potensi besar dalam mentransformasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ajaran Islam ke dalam sikap dan perilaku siswa. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang menelaah berbagai literatur akademik terkait aksiologi pendidikan, karakter, dan implementasi nilai-nilai dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai aksiologis seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan religiusitas sangat menonjol dalam materi dan proses pembelajaran PAI. Nilai-nilai ini secara langsung dan tidak langsung terinternalisasi dalam diri siswa melalui metode pembelajaran aktif, keteladanan guru, serta interaksi sosial di lingkungan madrasah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI memiliki peran sentral dalam membentuk karakter siswa melalui muatan nilai-nilai aksiologis yang terintegrasi dalam setiap proses pendidikan. Oleh karena itu, guru PAI perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga menekankan aspek afektif dan moral.
Copyrights © 2025