Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

PEMIKIRAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF TOKOH ISLAM NUSANTARA

Irama, Debi Irama (Unknown)
Warsah, Idi (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Pendidikan Islam di Nusantara memiliki sejarah panjang dan berkembang melalui berbagai model serta pemikiran yang dipengaruhi oleh para ulama dan cendekiawan Muslim. Tokoh-tokoh seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, dan Syekh Yusuf Al-Makassari memberikan kontribusi besar dalam membentuk sistem pendidikan Islam yang tidak hanya berbasis pada ajaran agama, tetapi juga menyesuaikan dengan kondisi sosial, budaya, dan politik masyarakat setempat. Pemikiran mereka menekankan pentingnya keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu dunia, integrasi antara nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, serta moderasi dalam praktik pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemikiran pendidikan Islam dari beberapa tokoh Islam Nusantara, pendekatan yang mereka gunakan dalam sistem pendidikan, serta relevansinya dalam sistem pendidikan Islam saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan historis-kritis, yang mencakup analisis terhadap karya-karya para tokoh tersebut, sistem pendidikan yang mereka rancang, serta dampaknya terhadap perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Nusantara memiliki karakter khas yang berbasis pada nilai-nilai moderasi, keadilan, serta pembentukan karakter kebangsaan yang kuat. Pendidikan yang dikembangkan oleh para tokoh ini tidak hanya bertujuan untuk membentuk individu yang saleh secara spiritual, tetapi juga memiliki kesadaran sosial yang tinggi serta mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Relevansi pemikiran mereka masih sangat kuat dalam konteks pendidikan Islam saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi, radikalisme, dan transformasi teknologi dalam dunia pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...