Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial (April - Juni 2025)

Mengembangkan Kompetensi Bisnis Mahasiswa Melalui Implementasi Langsung

Azahra, Ananda Septia (Unknown)
Dialia Putrina Sepha (Unknown)
Nurli Septiani (Unknown)
Rama Maulana Nurwahyudin (Unknown)
Suci Hidayah (Unknown)
Wustari L.Mangundjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengembangan kompetensi kewirausahaan mahasiswa melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan bazar kewirausahaan dengan pendekatan experiential learning. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan melibatkan observasi partisipatif dan wawancara semi-terstruktur selama pelaksanaan proyek usaha mahasiswa. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pengembangan kompetensi utama, meliputi komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen operasional, promosi, dan kerja sama tim. Bazar kewirausahaan memberikan tantangan bisnis nyata yang mendorong penguatan keterampilan praktis dan pembentukan pola pikir kewirausahaan mahasiswa. Meskipun menghadapi kendala operasional seperti keterbatasan stok dan tenaga pelayanan, mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan adaptasi serta pemecahan masalah secara langsung, sehingga mempertegas efektivitas experiential learning dalam pendidikan kewirausahaan. Temuan penelitian ini mendukung teori-teori yang menekankan pentingnya integrasi baik hard skill dan soft skill melalui pengalaman praktik, sekaligus memberikan kontribusi empiris bagi penguatan kurikulum kewirausahaan berbasis praktik di perguruan tinggi, guna mencetak lulusan yang adaptif dan siap menghadapi dinamika dunia bisnis, dan menjadikan Perguruan Tinggi sebagai ajang untuk menjadi edupreneur dan menghasilkan calon-calon wirausaha muda yang potensial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKIS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial (JKIS) adalah jurnal penelitian sosial dengan ruang lingkup kajian ilmu komunikasi yang memuat makalah, gagasan ilmiah, dan hasil penelitian sosial lingkup kajian ilmu komunikasi dan terapannya dalam bentuk artikel ilmiah dari para peneliti, akademisi, praktisi dan ...