Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 8, No 2: Juni 2025

MEMAHAMI TIGA PILAR PEMBELAJARAN: GURU, SISWA, DAN MATERI

Ahyani, Dellisa (Unknown)
Chaisa, Elvara Salsabilla (Unknown)
., Fadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang efektif adalah hasil dari efek sinergis dari tiga pilar utama:guru, siswa, dan materi belajar Guru bertindak sebagai mediator yang memimpin proses pembelajaran Siswa sebagai mata pelajaran aktif yang terlibat dalam pembelajaran Bahan yang digunakan sebagai media yang menghubungkan keduanya Dalam konteks kurikulum independen, ketiga pilar ini telah mengalami transformasi besar Guru harus lebih mudah beradaptasi dan kreatif untuk memberikan materi yang relevan dengan kebutuhan siswa Siswa didorong untuk menjadi lebih mandiri dan lebih kritis dalam proses pembelajaran Bahan studi ditempatkan dalam pendekatan yang lebih fleksibel dan fokus pada pengembangan keterampilan penting Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran dan interaksi tiga pilar dalam menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa yang bermakna Sebuah studi literatur baru -baru ini menemukan bahwa keberhasilan belajar sangat bergantung pada kolaborasi yang harmonis antara guru, siswa dan konteks.Abstract:  Effective learning is the result of the synergistic effect of three main pillars: teachers, students, and learning materials. Teachers act as mediators who guide the learning process; students serve as active participants engaged in learning; and materials function as the medium that connects both. In the context of the Independent Curriculum, these three pillars have undergone significant transformations. Teachers are required to be more adaptive and creative in delivering materials that are relevant to students’ needs. Students are encouraged to be more independent and critical in their learning process. Learning materials are developed using a more flexible approach and focus on the development of essential skills. This article aims to analyze the roles and interactions of these three pillars in creating a meaningful, student-centered learning process. Recent literature studies indicate that learning success largely depends on the harmonious collaboration between teachers, students, and contextualized materials. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...