Dengan menggunakan metode social commerce berbasis web, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala pemasaran digital yang dihadapi oleh Koperasi WUBI (Wanita Unggul Binjai) dan UMKM. Semua aspek transaksi digital dimungkinkan oleh platform yang dikembangkan, mulai dari memilih produk, mengisi formulir pesanan, memilih metode pengiriman, hingga pembayaran dan verifikasi administrasi bukti transfer. Analisis kebutuhan, desain antarmuka, implementasi fitur, pengujian, dan pemeliharaan adalah langkah-langkah dalam pengembangan sistem menggunakan pendekatan Waterfall. Untuk meningkatkan interaksi dan jangkauan pengguna, situs web terintegrasi dengan media sosial Instagram. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem ini telah berhasil meningkatkan efisiensi transaksi, menyederhanakan manajemen pesanan, serta meningkatkan daya saing pasar dan digital koperasi dan UMKM. Oleh karena itu, penelitian ini membantu usaha kecil dan menengah di kawasan ini mempercepat transformasi digital.
Copyrights © 2025