PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan dengan sistem jaringan distribusi yang cukup luas dan selalu bertambah jumlah jaringan distribusinya. Perusahaan ini tergolong sangat baik dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggannya. Khususnya kebutuhan pelanggan dalam bentuk energi listrik di area wilayah Nusa Tenggara Barat. Dengan jaringan sistem distribusi yang ada, analisis keandalan dapat diketahui dari bagaimana kualitas sistem distribusi terhadap gangguan yang terjadi. Untuk meningkatkan kualitas pendistribusian energi listrik, maka kinerja sistem jaringan distribusi menjadi hal pokok yang akan selalu dijaga dalam menyalurkan listrik ke pelanggan. Dalam peningkatan kualitas penyaluran sistem distribusi yaitu perhitungan indeks kehandalan berdasarkan frekuensi gangguan rata-rata (SAIFI) dan lama gangguan rata-rata (SAIDI) sebagai acuan dalam kehandalan jaringan distribusi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025