Pendidikan di Indonesia saat ini masih dihadapkan pada permasalahan rendahnya kualitas pendidikan. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi rendahnya mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kemandirian belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar dengan dukungan keluarga sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 328 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Moderate Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar, efikasi diri, dan dukungan keluarga tidak mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar. Hal ini berbeda dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dukungan keluarga mampu memoderasi pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar. Saran dari penelitian yaitu bagi mahasiswa diharapkan untuk membiasakan sering berkomunikasi dengan keluarga untuk menghadapi permasalahan yang dialaminya. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian kembali pada variabel moderasi yaitu dukungan keluarga sebagai variabel independen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025