SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 3 (2025): May

Penyuluhan informasi penyakit hipertensi sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup pasien

Pranata, Meki (Unknown)
Rosyid, Abdur (Unknown)
Rochajati, Siti (Unknown)
Siami, Risma Novita Tejania (Unknown)
Fitri, Destiana (Unknown)
Niamah, Faizun (Unknown)
Putri, Nabila Alizya (Unknown)
Sifa, Sechatunnuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Abstrak Hipertensi juga merupakan salah satu penyakit tidak menular yang termasuk dalam penyakit sindrom metabolik dan menjadi permasalahan kesehatan yang ditandai dengan tidak normalnya tekanan sistolik dan diastolik sehingga dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung koroner. Meningkatnya penyakit hipertensi perlu di lakukan promosi kesehatan. Promosi kesehatan bisa dilaksanakan melalui leaflet agar pengetahuan dan kualitas hidup pasien bisa menjadi lebih baik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasien mengenai penyakit hipertensi dan meningkatkan kualitas hidup pasien hipertensi. Metode yang di gunakan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan penyuluhan secara langsung kepada pasien di Puskesmas Ngesrep, Kota Semarang secara interaktif agar materi yang disampaikan secara langsung dapat diterima dengan baik oleh pasien. Instrumen kegiatan meliputi kuesioner pengetahuan pretest, posttest dan kuesioner kepuasan. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan microsoft excel dan uji statistik paired T-test. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pasien merasa sangat puas dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh pengabdi. Perolehan tingkat pengetahuan pasien menunjukkan adanya peningkatan dimana hasil statistik menunjukkan p<0,05.  Kata kunci: hipertensi; penyuluhan; leaflet. Abstract Hypertension is also one of the non-communicable diseases included in metabolic syndrome and is a health problem characterized by abnormal systolic and diastolic pressure so that it can increase the risk of cardiovascular diseases such as stroke and coronary heart disease. The increase in hypertension requires health promotion. Health promotion can be carried out through leaflets so that patients' knowledge and quality of life can be better. This service aims to increase patient knowledge about hypertension and improve the quality of life of hypertension patients. The method used in community service is to provide direct counseling to patients at the Ngesrep Health Center, Semarang City interactively so that the material delivered directly can be well received by patients. The activity instruments include a pretest, posttest and satisfaction questionnaire. The results obtained were analyzed using Microsoft Excel and paired T-test statistical tests. The results of this activity show that patients are very satisfied with the activities carried out by the service. The acquisition of patient knowledge levels shows an increase where the statistical results show p <0.05. Keywords: hypertension; counseling; leaflet.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...