Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik Lontara pada aplikasi online sebagai media pembelajaran interaktif bagi guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Daerah di Kabupaten Maros. Lontara, sebagai aksara tradisional khas suku Bugis-Makassar, memiliki potensi besar untuk dilestarikan melalui integrasi teknologi modern. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi online yang dirancang dengan menggunakan aksara Lontara memiliki keunikan dalam aspek visual dan fitur interaktif, seperti latihan pengenalan huruf, permainan edukatif, dan evaluasi pembelajaran berbasis digital. Selain itu, aplikasi ini mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, sekaligus memudahkan guru dalam mengajarkan materi Bahasa Daerah. Pemanfaatan teknologi ini juga memberikan solusi terhadap tantangan dalam pelestarian budaya lokal di era digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi Lontara dalam aplikasi pembelajaran online dapat menjadi inovasi yang efektif dalam mengembangkan pembelajaran muatan lokal, serta mendorong pelestarian budaya dan literasi digital di kalangan pendidik dan siswa.
Copyrights © 2024