JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025

Peran Filsafat Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi sebagai Salah Satu Keterampilan Pembelajaran Abad 21

Pailang, Agista Aprilian (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) yang berfokus pada pengkajian literature yang relevan dengan topic yang dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana peran filsafat konstruktivisme terhadap keterampilan kolaborasi sebagai salah satu keterampilan abad 21. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran abad 21 yang mengintegrasikan keterampilan kolaborasi di dalamnya sesuai dengan prinsip-prinsip konstruktivisme yakni sama-sama berfokus pada pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Hal ini diwujudkan melalui pembelajaran yang kolaboratif yang secara langsung akan berkorelasi positif dalam mengasah keterampilan peserta didik dalam berkolaborasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...