JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025

Pemetaan Mutu Pendidikan Berdasarkan Capaian Rapor Pendidikan Tahun 2024 di SD Negeri Medono

Astuti, Ima Puji (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menawarkan kebaruan dalam pemetaan kualitas sekolah secara komprehensif dengan memanfaatkan Rapor Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Medono. Hasil penelitian pemetaan mutu pendidikan di SD Negeri Medono menunjukkan rata-rata nilai 74,57 berdasarkan Rapor Pendidikan tahun 2024, dengan literasi siswa mencapai skor 82,45. Namun, tantangan masih terlihat pada indikator numerasi yang menurun 9,12 poin dan kesetaraan gender yang turun 5,17 poin. Di sisi lain, iklim keamanan dan kebinekaan menunjukkan hasil positif dengan skor masing-masing 85,31 dan 83,74, mencerminkan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah perlu menerapkan program berbasis data seperti remedial numerasi, pelatihan kesetaraan gender, dan optimalisasi teknologi pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...