JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025

Pengaruh Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepemimpinan Inkuiri Apresiatif Terhadap Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Singorojo

Astutiningtyas, Dewi Nur Laksmi (Unknown)
Kusumaningsih, Widya (Unknown)
Nurkolis, Nurkolis (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Sebagian besar satuan pendidikan di wilayah Daerah Binaan 1 Kecamatan Singorojo terdapat penurunan nilai capaian rapor pendidikan, hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran belum mengalami peningkatan yang signifikan. Penurunan ini disebabkan berbagai faktor penting yaitu pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional kausal. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus-Desember 2024 di SD Negeri Kecamatan Singorojo. Populasi pada penelitian ini adalah para guru di 13 SD Negeri Kecamatan Singorojo sebanyak 138. Dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, sampel penelitian ini sebesar 103 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pengelolaan kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05). 2) Ada pengaruh kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05). 3) Ada pengaruh pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...