Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan perencanaan berbasis data terhadap akuntabilitas pendidikan di sekolah dasar di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori, data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada responden. Analisis dilakukan melalui uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2024 hingga Februari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan, dengan nilai F-hitung sebesar 613,153 (lebih besar dari F-tabel 3,94) dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), serta nilai R-square sebesar 85,9%, yang dikategorikan sangat kuat. Demikian pula, perencanaan berbasis data memiliki pengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan dengan nilai F-hitung 685,312, nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan nilai R-square sebesar 87,2%, yang juga dikategorikan sangat kuat. Secara simultan, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan perencanaan berbasis data berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan, dengan nilai F-hitung 429,952, nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan nilai R-square sebesar 89,5%, yang menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional dan perencanaan berbasis data dalam meningkatkan akuntabilitas sekolah.
Copyrights © 2025