Gawi: Journal of Action Research
Vol. 4 No. 2 (2024)

Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Topik Pengantar Ilmu Ekonomi

Subhan, Novianty Dhevi Anggraeni (Unknown)
Kesumasari, Eva Maya (Unknown)
Ratumbuysang, Monry Fraick Nicky Gilian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran   interaktif   berbasis   blended   learning   adalah   metode   pembelajaran   yang menggabungkan pola pembelajaran menggunakan media e-learning dengan tatap muka. Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  keaktifan  siswa  melalui  pembelajaran  interaktif berbasis blended learning pada mata pelajaran Ekonomi materi pengantar ilmu ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Hasil penelitian menunjukkan  bahwa keaktifan   siswa   mengalami   peningkatan.   Peningkatan   tersebut   dapat   dilihat   dari   hasil pembelajaran  pada siklus I data  persentase keaktifan  siswa sebesar  30,99%; siklus II sebesar 32,95%; dan siklus III sebesar 39,71%.  Berdasarkan  hasil tersebut,  maka dapat  disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis blended learning, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, terutama pada materi pengantar ilmu ekonomi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...