Permasalahan dalam penelitianliniladalah hasil perkembangan kognitif anak padalkelompok B1 dalam mengenal lambang bilangan masih belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitianlini adalahluntuk mendeskripsikanlaktivitas guru, laktivitas anakldanlmenganalisis hasillpengembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model Direct Instruction, lNumbered Head Together, dan Media puzzle. Pendekatan penelitian menggunakanlkualitatif denganljenis penelitianltindakan kelas, lsetting penelitianlpadalanak kelompoklB1 TK NegerilPembina Banjarmasin Barat yang berjumlah 8 orang anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan hasil di akhir pertemuannya meningkatkan aktivitas guru dengan skor 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh persentase 100% kriteria sangat aktif. Dan hasil perkembangan kognitif mencapail100% anak yang berhasil dengan mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Saranlbagi kepalalsekolah, guruldan penelitillain dapatldijadikan sebagailmasukan, informasi dan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.
Copyrights © 2022