Gawi: Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2022)

Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Direct Instruction, Numbered Head Together dan Media Puzzle

Kusma, Indah Kartikasari (Unknown)
Purwanti , Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitianliniladalah hasil perkembangan kognitif anak padalkelompok B1 dalam mengenal lambang bilangan masih belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitianlini adalahluntuk mendeskripsikanlaktivitas guru, laktivitas anakldanlmenganalisis hasillpengembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model Direct Instruction, lNumbered Head Together, dan Media puzzle. Pendekatan penelitian menggunakanlkualitatif denganljenis penelitianltindakan kelas, lsetting penelitianlpadalanak kelompoklB1 TK NegerilPembina Banjarmasin Barat yang berjumlah 8 orang anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan hasil di akhir pertemuannya meningkatkan aktivitas guru dengan skor 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh persentase 100% kriteria sangat aktif. Dan hasil perkembangan kognitif mencapail100% anak yang berhasil dengan mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Saranlbagi kepalalsekolah, guruldan penelitillain dapatldijadikan sebagailmasukan, informasi dan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...