Gawi: Journal of Action Research
Vol. 5 No. 1 (2025)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model PBL Dengan Pendekatan TARL

Rahmatunnisa, Diyan Sesari (Unknown)
Purwati, Anggi (Unknown)
Heriyanti, Silvy (Unknown)
Jamilah, Jamilah (Unknown)
Taruna, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level di kelas VIII B SMPIT Al-Mumtaz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan dalam tiga siklus, terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I, hanya 3 peserta didik (10%) mencapai KKTP dengan rata-rata kelas 52,9. Siklus II meningkat menjadi 18 peserta didik (60%) dengan rata-rata 72,1. Siklus III mencapai ketuntasan klasikal dengan 24 peserta didik (80%) dan rata-rata 83,1. Dengan demikian, penerapan PBL dengan Teaching at the Right Level terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...