Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 2 Banjarmasin tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 40 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu terlihat dari rata-rata pretest dan posttest siklus I sebesar 50.18 dan 62.98 meningkat pada siklus II menjadi 68.33 dan 81.50. kemudian kembali meningkat pada siklus III menjadi 70.85 dan 90.81. Selain itu, terlihat dariN-Gain yang juga mengalami peningkatan yaitu 0,40 (sedang) pada siklus I, 0,65 (sedang) pada siklus II, dan 0,75 (tinggi) pada siklus III. (2) adanya peningkatan aktivitas pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. (3) terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. (4) respon peserta didik cenderung positif dimana peserta didik menyatakan senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall ini. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Media wordwall dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-7 SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Copyrights © 2024