Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi e-learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran di sekolah, dengan fokus pada peningkatan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode waterfall. Pengembangan aplikasi dilakukan melalui tahapan desain, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi e-learning berbasis Moodle ini mencakup fitur-fitur seperti materi pembelajaran, tugas, forum diskusi, dan pemantauan progres belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran di sekolah dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, memudahkan akses materi, serta memberikan kemudahan bagi guru dalam mengelola dan menilai hasil belajar siswa secara efisien. Desain sistem pada penelitian ini menggunakan UML. Ada 4 jenis diagram UML yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Kata Kunci: E-learning, Moodle, media pembelajaran, pembelajaran daring, teknologi pendidikan.
Copyrights © 2025