Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku komik bacaan berjudul “KOCELING” (Komik Cegah Bullying) sebagai sarana edukatif dalam membangun kesadaran anti-bullying pada pada siswa sekolah dasar. Permasalahan bullying yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dasar menuntut adanya pendekatan edukatif yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D dengan tahapa Define, Design, Development dan Dissemination. Subjek uji coba terdiri atas siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat.Proses validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Hasil persentase kelayakan ahli media 88%, ahli materi 86,6%, dan ahli Bahasa 89,3% maka dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan untuk praktis melalui angket siswa uji coba one to one sebesar 96%, uji coba small group 93,2%, dan hasil respon seluruh siswa sebesar 92,7% maka dikategorikan “ sangat praktis”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku komik KOCELING sangat layak digunakan sebagai media alternatif dalam membangun kesadaran anti-bullying pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025