Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2025)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar

Kalimata, Iven Ferina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas X SMAN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa kelas X, dibagi menjadi kelas eksperimen (XA) yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol (XB) dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 85,00, lebih tinggi dari kelas kontrol yang mencapai 81,94. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas X SMAN 4 Blitar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...