Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 3 (2025)

Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Belajar yang Ramah Untuk Semua

Syawal, Sahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan aksesibel bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Namun, di Indonesia, hanya sekitar 10% anak dengan kebutuhan khusus yang terdaftar di sekolah reguler, mencerminkan ketimpangan akses pendidikan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam implementasi pendidikan inklusif di Indonesia, serta bagaimana semua pemangku kepentingan dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi (studi literatur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pendidikan inklusif meliputi kurangnya pelatihan guru, minimnya fasilitas pendukung, dan stigma sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus. Meskipun demikian, pendidikan inklusif terbukti memberikan manfaat tidak hanya bagi siswa dengan disabilitas, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar bagi seluruh siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi semua anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...