Jurnal Aplikasi Bisnis
Volume 22 No. 1, Juni 2025

Pramuka Modern: Bisnis Atribut Sekolah pada E-Commerce

Dyah Ayu Ratna (Unknown)
Mellisa Fitri Andriyani Muzakir (Unknown)
Rizqi Adhyka Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Laporan ini membahas tentang bisnis Pramuka Modern, sebuah usaha reseller yang menjual perlengkapan atribut seragam sekolah dan ekstrakurikuler melalui platform Shopee. Usaha ini menargetkan konsumen dari berbagai kalangan, termasuk pelajar, guru, pegawai negeri sipil (PNS), dan kelompok Masyarakat. Pramuka Modern menawarkan berbagai produk, termasuk paket bundling yang mempermudah konsumen dalam membeli perlengkapan seragam. 1 Bisnis ini menghadapi persaingan yang ketat di pasar online dan offline, sehingga menerapkan strategi red ocean untuk mempertahankan posisinya. Laporan ini juga menganalisis aspek internal dan eksternal bisnis, termasuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Analisis SWOT mengidentifikasi keunggulan Pramuka Modern dalam hal kelengkapan produk, kualitas, dan pelayanan, serta kelemahan dalam hal inovasi produk dan kemitraan dengan pihak ekspedisi. Selain itu, laporan ini juga membahas strategi pemasaran, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan teknologi digital yang diterapkan oleh Pramuka Modern

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JABIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Aplikasi Bisnis (JABIS) is a journal periodical written both in Indonesian and English language. JABIS published by Diploma III Economy of Universitas Islam Indonesia twice a year on July and December. JABIS is a media of communication and reply forum for scientific works especially ...