Jurnal Ilmiah Adiraga : Jurnal Penelitian Olahraga
Vol 11 No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Adiraga : Jurnal Penelitian Olahraga

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Visual Adobe Flash Berbasis ICT- TPACK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam  Lantai Siswa Sekolah Dasar

Ujang Rohman (Unknown)
Mifthakul Huda (Unknown)
Frenky A. Awiryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengembangkan dan mengidentifikasi mengenai analisis kebutuhan peseta didik akan media pembelajaran interaktif konten visual adobe flash berbasis ICT-TPACK untuk meningkatkan hasil belajar  senam lantai  siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah merancang pengembangan media interaktif konten visual adobe flash berbasis ICT-TPACK yang digunakan sebagai media pengembangan pembelajaran interaktif senam lantai yang mengkombinasikan  berbagai macam objek multimedia seperti teks, gambar, animasi dan tombol interaktif. Metode penelitian pengembangan meliputi analisis, disain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sedangkan langkah-langkahnya terdiri dari 7 tahapan yaitu : potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Peneliti mencoba menghasilkan produk berupa media Interaktif pembelajaran materi senam lantai dan menguji kelayakan produk tersebut. Setelah dilakukan validasi media dan uji coba di SDN Kutisari I/268 Surabaya, didapat  kualitas dan kelayakan media interaktif konten visual adobe flash berbasis ICT-TPACK antara lain; 1) ditinjau dari segi kualitas media mendapatkan persentase sebesar 88,64%, kualitas materi mendapat persentase sebesar 93,75, dan kualitas bahasa mendapatkan persentase sebesar 93,18%, ketiga hal tersebut dinyatakan media sangat layak digunakan. 2) Respon Siswa setelah menggunakan media interaktif sangat bagus terhadap media interaktif dengan persentase 93,33% dengan kategori sangat layak.  Hasil analisis menunjukkan media interaktif konten visual adobe flash berbasis ICT-TPACK materi senam lantai ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Kata kunci: media pembelajaran, senam lantai, sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adi_raga

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport Jurnal Ilmiah ADIRAGA particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education ...