Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi)
Vol. 6 No. 1 (2024)

Pengaruh 5E instructional model disertai case method materi virus terhadap kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa kelas X SMA

Nisa, Alifa Khairatun (Unknown)
Siswati, Bea Hana (Unknown)
Savira, Nadyatul Ilma Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 5E Instructional Model disertai case method terhadap kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa biologi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling melalui uji kesetaraan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 siswa X3 sebagai kelas kontrol, 36 siswa X2 sebagai kelas eksperimen II, dan 36 siswa X4 sebagai kelas eksperimen I, Tempat penelitian ialah di SMAN 1 Jember pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan K-Independent Samples yakni Kruskal Wallis dengan uji lanjut Mann Whitney karena hasil uji normalitas dan homogenitas tidak memenuhi syarat uji parametrik. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh 5E Instructional Model disertai case method terhadap kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

esabi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

This journal publishes articles on research results related to biology education and biology science. The scope contained in this journal includes: Biology 1. Botany 2. Zoology 3. Environmental 4. Physiology 5. Biotechnology 6. Applied Science using objects biology Biology Education 1. Teaching and ...