Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Penerapan Model Pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru

Halik, Abd (Unknown)
Ilmi, Nur (Unknown)
Maharani, Sarinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Listen Read Discuss dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sekaligus keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 guru dan 10 peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada dalam kategori baik (B) dengan persentase 95%. Sementara itu, aktivitas siswa yang pada siklus I berada dalam kategori cukup (C) dengan pencapaian 71%, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (B) 90%. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ini diiringi dengan meningkatnya keterampilan berbicara peserta didik. Berdasrkan tabel skor pada siklus I, terdapat 6 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76. Sehingga keterampilan berbicara peserta didik pada siklus I mencapai kualifikasi cukup (C) dengan persentase 60%. Berdasarkan tabel skor pada siklus II, terdapat 9 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76. Sehingga keterampilan berbicara peserta didik pada siklus II mencapai kualifikasi baik (B) dengan persentase 90%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...