Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Gaya Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di Lembaga Pendidikan Islam

Wulan, Diyah Nawang (Unknown)
Ariyanto, Ayok (Unknown)
Syukroni, Azid (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SD Muhammadiyah Ponorogo. Gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang demokratis, kolaboratif dan berbasis empati terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama dan hubungan interpersonal guru. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan validitas data yang dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan perempuan tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi guru sosial, seperti keahliah komunikasi lebih efektif dan kerja sama tim yang solid, tetapi juga meningkatkan motivasi kerja dan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas pendidikan. Dengan membangun suasana yang mendorong pertumbuhan pribadi serta kualitas kerja, gaya kepemimpinan perempuan ini berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang efisien serta mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang demokratis, kolaboratif dan berbasis empati menjadi salah satu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...