Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar dan hasil belajar IPAS melalui pendekatan CRT siswa kelas V SD Inpres 12/79 Biru II Kecamatan tanete Riattang Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, mendeskriptifkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan CRT mengalami peningkatan baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa dari siklus I dengan kategori (Cukup) ke siklus II dengan kategori (Baik). Adapun hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CRT pada siklus I dengan kategori (Cukup) dan hasil belajar siswa pada siklus II dengan kategori (Baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CRT dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Katakunci:Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar IPAS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025