Rendahnya motivasi belajar anak dalam mengaji menjadi tantangan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Nurul Hidayah Desa Cisantana. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional dan kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan sosialisasi media ajar inovatif berupa flashcard hukum tajwid dan spinner edukatif yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap: pemaparan materi, pelatihan dan praktik langsung, serta evaluasi melalui angket. Flashcard digunakan sebagai media visual untuk mengenalkan hukum bacaan tajwid secara sistematis, sementara spinner dirancang fleksibel agar isi tantangan dapat diganti sesuai kebutuhan materi, seperti hafalan surat pendek atau soal tajwid. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media ini dinilai efektif oleh pengajar dan orang tua dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Anak-anak menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar mengaji. Kegiatan ini juga melibatkan orang tua agar mereka memahami manfaat media ajar tersebut. Inovasi ini terbukti relevan dan aplikatif untuk mendukung pembelajaran Al-Qur’an yang lebih menarik dan bermakna.
Copyrights © 2025