JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

Sinergi budaya dan pemikiran kritis: Experiential Learning Tari Sigeh Pengunten dalam Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Narasi

Fauzi, Ghani Muhammad (Unknown)
Nur Aulia, Rahma (Unknown)
Indriani, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya budaya sebagai bagian integral dalam proses pembelajaran dan urgensinya memfasilitasi siswa sebuah pembelajaran yang berorientasi pada pemikiran kritis serta dapat mengembangkan keterampilan menulis teks narasi. Oleh karena itu, perlu sebuah upaya untuk mensinergikan budaya dan pemikiran kritis dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan tari sigeh pengunten sebagai elemen budaya dengan model Experiential Learning sebagai pembelajaran yang memfasilitasi pemikiran kritis dan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa artikel jurnal, buku dan laporan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa konsep experiential learning, tari Sigeh Pengunten serta keterampilan menulis teks narasi memiliki keterkaitan satu sama lain. Berdasarkan pemaparan diatas, maka secara teoritis konsep pembelajaran ini dapat diimplementasikan oleh guru untuk mensinergikan budaya dan pemikiran kritis sebagai bahan untuk mengembangkan keterampilan menulis teks narasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...