Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi
Vol 17, No 1 (2025): Mei

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SD

Syafriza, Azizatul Alif (Unknown)
Nuryatno, Edi Triono (Unknown)
Ayuningtyas, Astika (Unknown)
Mustadi, Ali (Unknown)
Putra, Novan Ramdanu (Unknown)
Irawan, Ayu Endita (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Pembelajaran media memainkan peran penting dalam mengisi interaksi antara guru dan siswa, terutama ketika meningkatkan konsep yang kompleks. Salah satu inovasi yang dapat digunakan adalah media pembelajaran digital seperti Augmented Reality (AR), yang memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis AR dalam meningkatkan keterampilan matematika pada siswa sekolah dasar, terutama dalam materi geometris. Metode penelitian yang digunakan adalah model 3D yang mewakili perubahan model 4D (definisi, desain, pengembangan, distribusi). Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR sangat cocok untuk belajar pada tingkat kelayakan 91%. Selain itu, efektivitas media ini telah terbukti sangat baik ketika meningkatkan pemahaman matematika kelas IV dengan skor rata -rata 89,70%. Hasil evaluasi untuk tujuh kelas juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata -rata 83. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis AR adalah alternatif inovatif untuk meningkatkan pemahaman matematika di kalangan siswa sekolah dasar

Copyrights © 2025