Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pedagogik Futuristik: Paradigma Baru Pendidikan dalam Membangun Generasi Emas Indonesia 2045

Munandar, Agam Aris (Unknown)
Herlambang, Yusuf Tri (Unknown)
Muhtar, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Pendidikan merupakan faktor kunci dalam membentuk masa depan suatu bangsa, khususnya dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 yang unggul dan berdaya saing global. Paradigma pendidikan konvensional dinilai kurang mampu mengakomodasi kebutuhan zaman yang semakin kompleks, sehingga diperlukan pendekatan baru yang lebih adaptif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penerapan Pedagogik Futuristik sebagai paradigma pendidikan yang mampu membekali peserta didik dengan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan menganalisis berbagai literatur terkait konsep Pedagogik Futuristik serta implementasinya dalam sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pedagogik Futuristik menekankan integrasi teknologi, pembelajaran berbasis proyek, serta pendekatan yang lebih kolaboratif dan inklusif guna meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masa depan. Penerapan paradigma ini menuntut dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, pendidik, dan masyarakat, agar dapat terimplementasi secara efektif. Dengan demikian, Pedagogik Futuristik bukan hanya sekadar konsep teoritis, tetapi menjadi kebutuhan mendesak dalam membangun generasi yang inovatif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan global, sehingga dapat mewujudkan visi Generasi Emas Indonesia 2045.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...