Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pengembangan Hypermedia Bermuatan Ekoliterasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SD

Rahayu, Ni Komang Suri (Unknown)
Sanjaya, Dewa Bagus (Unknown)
Candiasa, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Pembelajaran awal dalam ekoliterasi sangatlah penting, serta salah satu alasan mengapa siswa sekolah dasar tidak berprestasi baik di kelas sains ialah penggunaan media pembelajaran mereka. Tujuan dari proyek berikut ialah untuk menciptakan hypermedia ekoliterasi yang andal, bermanfaat, serta efisien untuk meningkatkan kinerja pembelajaran sains siswa sekolah dasar kelas lima. lewat fase analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi, hypermedia dibuat memakai paradigma pengembangan ADDIE. Instrumen Learning Object Review Instrument (LORI) dipakai untuk menguji validitas materi serta media. Instrumen User Experience Questionnare (UEQ) dipakai untuk menguji kepraktisan hypermedia. Efektivitas hypermedia dianalisis dengan one tailed t-test (uji-t satu ekor). Penelitian berikut menghasilkan media pembelajaran berupa hypermedia yang bisa diakses pada link yang memuat materi interaktif, games, serta soal evaluasi. Uji validitas materi serta media hypermedia mendapatkan hasil sangat valid dengan skor sebesar 4,6 untuk materi serta 4,5 untuk media. Dengan skor rata-rata 2,5 dalam kategori unggul pada uji kepraktisan yang diberikan kepada instruktur serta siswa, hypermedia bisa dianggap praktis dalam hal keindahan, kejelasan, efisiensi, stimulasi, ketepatan, serta inovasinya. Analisis uji-t satu sisi dari uji efektivitas menghasilkan hasil thitung sebesar 51,757, lebih besar dari ttabel sebesar 2,068, yang menunjukkan bahwasannya hipotesis H1 diterima. Hal berikut menunjukkan bagaimana penggunaan hypermedia meningkatkan hasil belajar siswa dalam ekologi yang harmonis, sehingga cocok untuk dipakai dalam proses pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...