Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL DAN KINERJA UMKM: DUKUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

Mulyanto, Dody (Unknown)
Budi, Agustyarum Pradiska (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

UMKM menghadapi tantangan dalam memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan kinerja. Penelitian ini menganalisis bagaimana lingkungan internal dan eksternal memengaruhi pemanfaatan pemasaran digital serta dampaknya terhadap kinerja UMKM wisata air di Kabupaten Klaten. Dengan menggunakan metode survei kuantitatif pada 155 responden dan teknik analisis SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal, seperti kompetensi SDM dan inovasi, memiliki peran dominan dalam mendorong adopsi pemasaran digital yang secara signifikan meningkatkan kinerja UMKM. Pemasaran digital terbukti menjadi mediator yang efektif, menghubungkan faktor lingkungan dengan hasil yang lebih baik, sekaligus menegaskan pentingnya transformasi digital dalam meningkatkan daya saing UMKM. Namun, penelitian ini terbatas pada wilayah geografis Kabupaten Klaten, belum mencakup variabel yang lebih luas seperti kepedulian lingkungan, dan berpotensi dipengaruhi oleh bias metode kuesioner yang diisi sendiri. Penelitian di masa depan dapat memperluas cakupan wilayah, menambahkan variabel baru, serta menggunakan pendekatan longitudinal atau kualitatif untuk mengeksplorasi alat digital terbaru seperti kecerdasan buatan (AI) dan big data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Nobel Indonesia. Jurnal BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN memuat artikel dalam bidang bisnis dan kewirausahaan (yang meliputi pendidikan, pengembangan teknologi, ...