Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para wartawan media online terkait fenomena clickbait yang tengah marak digunakan. Metode yang digunakannya menggunakan metode fenomenologi dari Alfred Schutz untuk mempelajari bagaimana pemahaman, pemaknaan, pengalaman para individu yang mengalami suatu kejadian secara langsung melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman para wartawan sepakat bahwa clickbait merupakan umpan judul dalam berita online untuk menarik perhatian pembaca dan kebanyakan tidak sesuai antara judul yang ditampilkan dengan isinya. Pemaknaan para wartawan sependapat bahwa penyebab dari munculnya clickbait ini karena ketatnya persaingan media dan tuntutan dari pemilik media atas target jumlah artikel yang harus dicapai setiap bulannya. Pengalaman para wartawan cukup berbeda karena ada dua informan yang sering menggunakan clickbait, satu informan yang medianya pernah mengalami kecelakaan atas penggunaan clickbait, dan ada juga dua informan yang tidak pernah menggunakannya sama sekali dalam proses produksi artikel berita media online.
Copyrights © 2024