Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra
Vol. 3 No. 2 (2024): Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra

Strategi Pelayanan Prima Pendaftaran Ibadah Haji di Kantor Kementerian gama Kota Cimahi

yaningrum, inggrid (Unknown)
Fitriani, Putri Diesy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pemahaman staf, serta faktor pendukung dan penghambat strategi pelayanan prima di Kementerian Agama Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima dalam penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kementerian Agama Kota Cimahi telah terealisasi melalui perencanaan yang mencakup ability, attitude, attention, action, dan accountability. Staf memahami elemen pelayanan prima seperti reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Faktor pendukungnya adalah kedisiplinan staf dan komitmen kerja. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan tim dalam memahami IT. Beberapa kebijakan juga belum terealisasi secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mabrur

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Mabrur: Journal of Hajj and Umra adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi S-1 Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan bekerja sama dengan Perkumpulan Ahli Manajemen Haji dan Umrah (PAMHU). Jurnal ini diterbitkan ...