Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran Pancasila di SDN 1 Tanjung Rusia serta dampaknya terhadap perubahan perilaku siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori behaviorisme melalui strategi penguatan seperti pemberian1.5 reward dan latihan berulang mampu meningkatkan partisipasi aktif, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran. Respon siswa yang diamati mencakup perilaku verbal seperti menjawab dan bertanya, serta perilaku nonverbal seperti mencatat dan menyimak. Meskipun efektif dalam membentuk kebiasaan positif, pendekatan ini memiliki keterbatasan dalam membangun pemahaman nilai secara mendalam, sehingga diperlukan kombinasi dengan pendekatan reflektif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran nilai-nilai Pancasila.
Copyrights © 2025