cover
Contact Name
Padang Tekno
Contact Email
padang.tekno.corp@gmail.com
Phone
085156829831
Journal Mail Official
padang.tekno.corp@gmail.com
Editorial Address
Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara
Published by PT. Padang Tekno Corp
ISSN : -     EISSN : 3088988X     DOI : https://doi.org/10.59435/menulis
Core Subject : Education,
Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara adalah jurnal multidisiplin yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang relevan dalam berbagai bidang ilmu, baik ilmu sosial, humaniora, sains, teknologi, hingga kajian budaya Nusantara. Jurnal ini menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi temuan penelitian, inovasi, dan kontribusi pemikiran yang dapat memperkaya pengetahuan serta memberikan solusi bagi permasalahan di masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 655 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar IPAS dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Di Kelas IV B Sd Negeri 04 Bariang Rao Rao Kabupaten Solok Selatan Fatima jasmini; Ade Marlia; Esa Yuli Marta
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.1

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS di kelas IV B SD Negeri 04 Bariang Rao-Rao karena kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran, pemahaman tentang implementasi kurikulum, dan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, subjek penelitian ini siswa kelas IV B SD Negeri 04 Bariang Rao-Rao Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dengan jumlah siswa 25 orang di semester II TA 2023/2024. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching AND Learning berbasis TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatnya hasil belajar pada mata pelajaran IPAS, dapat dilihat pada pertemuan 1 persentase ketuntasan yaitu 36% pada pertemuan 2 persentase ketuntasan yaitu 56%. Jadi untuk siklus I persentase ketuntasannya adalah 46%. Pada siklus II, pertemuan 1 persentase ketuntasan yaitu 76% pada pertemuan 2 persentase ketuntasan yaitu 88%. Jadi, untuk siklus II persentase ketuntasannya adalah 82%. Melihat persentase ketuntasan pada mata pelajaran IPAS sudah terjadi peningkatan dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching AND Learning berbasis TPACK dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV B SD Negeri 04 Bariang Rao-Rao Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan sudah berjalan dengan baik.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Batang Lawe Kabupaten Solok Selatan Veli Gusfenti; Zulmi Aryani; Dian Sarmita
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.2

Abstract

Siswa SD Negeri 12 Batang Lawe kesulitan dalam memahami pembelajaran Matematika khususnya di kelas V. Kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, yakni kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari pemecahan masalah tersebut adalah penggunaan model project based learning dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 12 Batang Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama satu bulan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian dengan menggunakan model project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V pada siklus II. Peningkatan hasil belajar ditandai oleh peningkatan ketuntasan belajar Matematika. Siklus I persentase ketuntasan hasil belajar, yaitu 65% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Aktivitas guru persentase ketuntasan siklus I, yaitu 86,6% meningkat pada siklus II menjadi 95%. Aktivitas siswa persentase ketuntasan siklus I, yaitu 63,3% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 12 Batang Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.
Pengembangan Motif dan Motivasi Belajar Bagi Peserta Didik di Masa Perubahan Kurikulum Merdeka Fahar Maulana Pranayoga; Humaira Dzakiyya Azizah; Muhammad Fikri Manaf; Rehan Aditya
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan motif dan motivasi belajar siswa pada masa perubahan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan dengan mengintegrasikan kebebasan, inovasi, dan kemampuan adaptasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur. Sumber data meliputi buku, jurnal, makalah, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang relevan dengan objek kajian penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 mempunyai beberapa kekurangan, seperti kurangnya pemahaman dan persiapan guru, keterbatasan dalam mengembangkan pendidikan karakter, dan kesulitan dalam menerapkannya secara konsisten di kelas. Artikel ini membahas tentang peran guru dan siswa dengan melihat motif dan motivasi belajar mengajar di tengah perubahan kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam diskusi dan pengambilan keputusan mengenai arah pendidikan di Indonesia.
Analisis Kebudayaan Tradisi Seren Di Sindangbarang Kabupaten Bogor Irlani Pratiwi; Welsi Damayanti
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.4

Abstract

Upacara Sérén Taun merupakan sebuah ritual adat yang diadakan setiap tahun oleh petani Sunda sebagai ungkapan terima kasih atas hasil panen padi mereka. Ritual ini didedikasikan untuk menghormati Nyi Pohaci sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan dan sebagai doa agar hasil panen tahun ini dan mendatang akan lebih baik. Selain itu, upacara ini juga berfungsi sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar masyarakat Sindangbarang dan sekitarnya, dengan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sehari-hari mereka. Intinya, tujuan utamanya adalah agar masyarakat bisa memahami dan merasakan nilai-nilai simbolis dalam upacara tersebut, sambil menikmati berbagai aspek yang ada dalam ritual tersebut.
Peran Teknologi AI dalam Transformasi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Nicholas Sianipar
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.5

Abstract

Kemajuan teknologi, khususnya dalam bidang Artificial Intelligence (AI), telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam manajemen sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi AI dalam mentransformasi fungsi manajemen SDM, serta mengidentifikasi manfaat, tantangan, dan implikasi dari penerapannya. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan efisiensi dalam proses rekrutmen, seleksi, pengelolaan kinerja, dan pengembangan karyawan. Namun, terdapat tantangan terkait etika, privasi, dan kesiapan organisasi dalam mengadopsi teknologi ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi praktisi SDM untuk mengoptimalkan penggunaan AI secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.
Peningkatan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis TPACK di Kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan Septa Sabbihisma; Esa Yulimarta; Desmaneni; Ernawarnelis; Lili Ratnasari
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh. Dapat dilihat dari proses pembelajaran, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pada mata pelajaran IPAS karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B menggunakan model Project Based Learning berbasis TPACK. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan pada semester I tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I 59,6% menjadi 84,7% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 25,1%. Hasil pengamatan aktivitas pendidik menunjukkan peningkatan dari siklus I 77,2% menjadi 92,4% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 15,2%. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan peningkatan dari siklus I 68,2% menjadi 87,9% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 19,7%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbasis TPACK berhasil dalam peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh.
Analisis Penggunaan Gadget Sebagai Media Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Sumberrejo Cahyani Nur Afifah Fitriani; Dwi Ayu Cahyaningrum; Jovan Aunu Robby
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 1 (2025): Menulis - Januari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i1.7

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan gadget, mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan pendukung, serta solusi mengatasi faktor-faktor penghambat pembelajaran PAI siswa SMP Negeri 1 Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru PAI, dan peserta didik SMPN 1 Sumberrejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kebijakan penggunaan gadget dalam pembelajaran di kelas berjalan efektif menurut wakil kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik, hal ini dapat dilihat melalui nilai mata pelajaran PAI peserta didik yang melampaui batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan setelah Ujian Akhir Semester berlangsung. Penggunaan gadget membantu peserta didik untuk dapat melengkapi kekurangan materi yang disampaikan guru dan pengerjaan tugas-tugas peserta didik. 2) Faktor-faktor penghambat efektivitas penggunaan gadget seperti ada peserta didik yang tidak memiliki gadget, signal wifi error, paket data tidak cukup, peserta didik membuka media sosial saat pembelajaran, dan munculnya notifikasi di gadget, selain itu faktor pendukung yaitu disediakannya berupa satu wifi untuk satu angkatan, 3) Solusi untuk menghadapi hambatan yang muncul seperti pemberian bantuan handphone dari pihak sekolah pada peserta didik yang kurang mampu, memperluas tempat yang terjangkau wifi, pemberian voucher kuota, perlunya sisipan kegiatan hiburan saat pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kesadaran peserta didik untuk tidak membuka notifikasi gadget yang kurang penting saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Evaluasi Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Keuangan Di Umkm Doyan Jagung Mozarella Kota Padang M Lifrandana J; Novia Rahwatul H; Lailaturahmi; Putri Intan Permata S
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 2 (2025): Menulis - Februari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i2.8

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pemerataan kesejahteraan. Di Kota Padang, UMKM juga memegang peranan penting dalam dinamika ekonomi lokal. Salah satu UMKM yang menjadi fokus penelitian ini adalah Doyan Jagung Mozzarella Padang, yang menghadapi berbagai tantangan dalam kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan UMKM Doyan Jagung Mozzarella Kota Padang menggunakan analisis rasio keuangan. Data keuangan dianalisis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam aspek profitabilitas. Hasil menunjukkan bahwa UMKM memiliki rasio likuiditas yang baik, namun perlu meningkatkan efisiensi penggunaan aset dan manajemen hutang. Pendampingan dalam bentuk pelatihan dan konsultasi dilakukan untuk memperkuat pemahaman pemilik UMKM tentang evaluasi kinerja keuangan. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kinerja keuangan dan mendukung keberhasilan serta kelangsungan bisnis UMKM.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Ashiva Elsa Fitri; Aulya Ramadhani; Dini Budiana; Fenika Nilza; Nur Riski Farida; Marina Mayang Sari; Siska Widyawati
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 2 (2025): Menulis - Februari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri, penyebab, serta treatment yang diberikan kepada anak penyandang ADHD. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan jenis gangguan perkembangan pada anak yang memengaruhi kemampuan kognitif, perilaku, dan interaksi sosial. Dalam kegiatan ini Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan tanya jawab dengan pihak terkait, termasuk orang tua dan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan ADHD cenderung mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Penyebab ADHD dipengaruhi oleh faktor genetik, biologis, serta lingkungan, seperti paparan racun saat kehamilan dan pola asuh yang tidak tepat. Temuan penelitian ini memberikan implikasi bahwa penanganan terhadap anak ADHD pendekatan kolaboratif yang melibatkan dukungan dari keluarga, guru, dan lingkungan sosial. Intervensi dini melalui terapi perilaku, pengelolaan pola asuh, serta akses terhadap pendidikan inklusif yang adaptif dapat membantu anak-anak ini mencapai perkembangan yang optimal. Oleh karena itu, upaya bersama dari keluarga, sekolah, dan pemerintah diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Repetitive Strain Injury (Rsi) Pada Pekerja Pembuatan Genteng Di Pabrik Genteng Mega Jaya Desa Baturuyuk Kabupaten Majalengka Rachmat Roebidin; Ahmad Ropii; Hafidz Hilal Assegaf
Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara Vol. 1 No. 2 (2025): Menulis - Februari
Publisher : PT. Padang Tekno Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59435/menulis.v1i2.10

Abstract

Kejadian Repetitive Strain Injury (RSI) pada pekerja merupakan cedera atau kerusakan yang terjadi pada otot karena melakukan sesuatu secara berulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Berdasarkan studi pendahuluan pada 5 pekerja pembuatan genteng Pabrik Genteng Mega Jaya Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, semua pekerja melakukan gerakan repetitif memukul dengan menggenggam alat dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian RSI pada pekerja pembuatan genteng Pabrik Genteng Mega Jaya Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasinya adalah pekerja pembuatan genteng di Pabrik Genteng Mega Jaya berjumlah 54 orang dan sampelnya 54 orang (total populasi), dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis datanya meliputi analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara postur kerja, lama kerja dan masa kerja dengan kejadian Repetitive Strain Injury pada pekerja Pabrik Genteng Mega Jaya Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Pekerja sebaiknya istirahat teratur dengan waktu istirahat yang cukup untuk mengurangi ketegangan otot, nyeri otot dan sendi, lakukan peregangan otot serta untuk pabrik sebaiknya menggunakan sistem shift kerja atau memberikan waktu istirahat yang cukup agar mengurangi pekerja yang beresiko mengalami RSI.

Page 1 of 66 | Total Record : 655